Saat Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Tapos melaksanakan tes kebugaran di Taman Kelurahan Terpadu Tapos. (Foto : Diskominfo)

berita.depok.go.id-Ratusan calon jemaah haji (calhaj) melakukan tes kebugaran di Taman Kelurahan Tepadu Tapos. Hal tersebut dilakukan guna memastikan seluruh calhaj sehat jasmani dan siap menjalankan ibadah haji.

"Dalam pemeriksaan tahap satu calhaj di tes kebugaraannya, tekanan darahnya, juga dilakukan pemeriksaan lab dan pemeriksaan lainnya," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Tapos, Trisna Setiawan di kantornya, belum lama ini.

Trisna mengatakan, jika hasil pemeriksaan lab ditemukan masalah atau penyakit, calhaj akan diminta untuk segera memeriksa ke pusat kesehatan agar mendapatkan penanganan. Selanjutnya calhaj akan mengikuti tes kesehatan tahap dua, dan akan disuntik vaksin meningitis.

"Yang wajib meningitis, jika mau disuntik vaksin yang lain boleh sesuai permintaan calhaj," ucapnya.

Dirinya menambahkan, setelah tes tahap satu dan dua, calhaj untuk tetep menjaga dan meningkatkan kesehatan. Selain itu, dirinya mengimbau untuk mengkonsumsi makanan bergizi serta vitamin.

"Kami selalu mengingatkan mereka melakukan latihan kebugaran sendiri di rumah. Sebab, ibadah haji membutuhkan fisik yang prima," pungkasnya. (JD 09/ED02/EUD 02)

YOUR REACTION?