Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama Wali Kota Depok Mohammad Idris meresmikan Pasar Rakyat Jabar Juara yang terletak di Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, Jumat (08/04/22). (Foto: JD 01/Diskominfo).

berita.depok.go.id - Pembangunan Pasar Rakyat Jabar Juara yang berlokasi di Kecamatan Sawangan kini sudah rampung 100 persen. Pasar ini pun diresmikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengatakan, Pasar Rakyat Jabar Juara ini dapat menjadi pasar kebanggaan warga, khususnya yang berada di sebelah barat Kota Depok. Pasalnya, pasar rakyat ini cukup luas, memiliki gedung berlantai dua, bersih, nyaman, dan sirkulasi udaranya baik.

"Mudah-mudahan masyarakat Sawangan Depok dapat lebih aktif memanfaatkan pasar baru ini," katanya kepada berita.depok.go.id, saat Peresmian Pasar Rakyat Jabar Juara di Kecamatan Sawangan, Jumat (08/04/2022).

Kang Emil sapaanya menjelaskan, pasar pada hakikatnya adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli. Dimana, proses interaksi sosial akan terjadi disini yang membedakan dengan pasar modern (swalayan).

"Silahkan dijadikan (pasar) sebuah kebaikan dan kalau ada lokasi-lokasi lain Pak Wali silahkan, dengan senang hati kami bangun lagi pasar yang kedua," jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat, Indra Sofyan menambahkan, pembangunan Pasar Rakyat Jabar Juara menggunakan Bantuan Keuangan Gubernur sebesar Rp10 miliar melalui dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tahun 2021. Pasar rakyat Sawangan berdiri di atas lahan seluas 3.600 meter persegi, di dalamnya terdapat 49 kios dan 104 los.

"Awalnya lahan ini adalah bekas terminal bayangan, sekarang diubah menjadi pasar. Insya Allah membawa berkah bagi para konsumen dan pedagang," tandasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?