Keseruan senam bersama di Kantor Kelurahan Depok, belum lama ini. (Foto :  Istimewa).

berita.depok.go.id - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menyabet rekor Muri atas kesuksesannya menggelar Pekan Senam Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) bagi peserta JKN Serentak (Pekan Semangat) di 5.400 titik. Pekan semangat ini merupakan rangkaian peringatan HUT ke-54 BPJS Kesehatan yang jatuh pada 15 Juli 2022. 

Khusus di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Kota Depok, senam Prolanis dilaksanakan serentak di 36 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). 

“Kalau di Depok diadakan 36 titik yang terlibat. Salah satunya Puskesmas Pancoran Mas yang punya Klub Prolanis yang merupakan klub program penyakit kronis,” jelas kepala BPJS Kesehatan Cabang Depok, Elisa Adam, kepada berita.depok.go.id, Rabu (20/07/22).

Terkait penyakit kroni, Elisa menjelaskan, pada tahun 2021, biaya yang dihabiskan untuk penyakit katastropik mencapai Rp 17,915 triliun atau 24,11 persen dari total biaya pelayanan kesehatan tingkat lanjutan yang dikeluarkan BPJS Kesehatan. Oleh karena itu, pihaknya berupaya menjaga masyarakat agar sehat melalui berbagai program promotif preventif. 

Sedangkan bagi masyarakat yang berisiko menderita penyakit katastropik seperti diabetes melitus dan hipertensi, ujar dia, dapat mengelola risiko tersebut melalui Program Prolanis. Yang juga merupakan bagian dari upaya promotif preventif perorangan peserta JKN.

“Berbagai penyakit katastropik tersebut bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat. Melalui kegiatan senam ini, kami ingin mempromosikan betapa murahnya dan mudahnya menjalankan hidup sehat," tuturnya.

"Dampak jangka panjangnya diharapkan bisa menekan jumlah penderita penyakit katastropik di Indonesia,” katanya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Pancoran Mas, Sri Mahayanti menuturkan, senam prolanis menjadi salah satu untuk menangani penyakit kronis, seperti hipertensi dan diabetes melitus.

“Dalam rangka ulang tahun BPJS yang ke-54 ini, Puskesmas Pancoran Mas ditunjuk oleh BPJS untuk mengadakan senam tersebut,” tuturnya.

Dikatakannya, pihaknya memiliki program senam prolanis rutin yang digelar setiap hari Kamis dan Jumat. Selain itu, pihaknya juga  melaksanakan edukasi kesehatan kepada peserta prolanis sebelum melaksanakan senam. 

"Kami juga melakukan cek kesehatan seperti tensi, lingkar perut, gula dan lain-lain," tandasnya. (JD03/ED02)

YOUR REACTION?