Posko Kesehatan yang berada di lokasi sekitar tempat tingga pasien teridentivikasi virus Corona. (Foto: JD 04/Diskominfo)

berita.depok.go.id – Guna meminimalisir kecemasan warga di lokasi tempat tinggal pasien teridentifikasi virus Corona (Covid-19), Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Kelurahan Sukmajaya mendirikan posko kesehatan. Posko ini akan melayani pemeriksaan kesehatan bagi warga di lokasi tersebut.

Kepala UPTD Puskesmas Kelurahan Sukmajaya, Ihyani Nurdiena mengatakan, posko tersebut beroperasi selama 14 hari, terhitung mulai hari ini. Waktu operasional pukul 08.00 hingga 12.00 wib.

“Kami akan melayani pemeriksaan kesehatan untuk seluruh warga yang membutuhkan di wilayah ini. Ada dua petugas medis yang siap melayani,” kata Ihyani kepada  berita.depok.go.id, Selasa (03/03/20).

Untuk itu, dia mempersilahkan warga yang ingin memeriksa kondisi kesehatan tubuhnya dengan mendatangi posko ini. Pihaknya juga akan terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes)  dan UPTD Puskesmas Kecamatan Sukmajaya untuk membantu mengirim tenaga medis tambahan.

“Tentunya, pemeriksaan kesehatan kami  utamakan untuk  empat warga yang diketahui kontak langsung dengan pasien teridentifikasi virus Corona,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, meskipun tidak beroperasi selama 24 jam, pihaknya akan tetap siaga jika terjadi hal yang darurat. Dia juga menyarankan warga untuk menghubungi  Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112 atau crisis center yang telah dibentuk oleh Pemkot Depok.

“Bagi warga yang dalam keadaan sehat tetap harus memperhatikan daya tahan tubuhnya. Dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yaitu mengonsumsi makanan sehat, gizi seimbang, olahraga teratur, dan lainnya,” pungkas Ihyani. (JD 05/ED 01/EUD 02)

YOUR REACTION?