Petugas Puskesmas PGS sebelum melakukan pendataan PIS-PK. (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id-Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Pasir Gunung Selatan (PGS) tengah menjalankan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK). PIS-PK besutan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) ini dilaksanakan untuk menetapkan prioritas kegiatan dan program kesehatan ke masyarakat agar tepat sasaran. 

"Kami lakukan pendataan PIS-PK kepada masyarakat untuk mengetahui tingkat kesehatan mereka," kata Kepala UPTD Puskesmas PGS, Sulaeman Iskandar kepada  berita.depok.go.id, Jumat (16/10/20). 

Dirinya mengatakan, pendataan sudah dilakukan sejak awal Oktober hingga akhir November mendatang. Untuk sasarannya sebanyak 4.188 kepala keluarga di Kelurahan PGS. 

Adapun indikator pendataan PIS-PK antara lain keluarga mengikuti program KB, ibu melakukan persalinan di fasilitas kesehatan, bayi mendapat imunisasi dasar lengkap, dan bayi mendapatkan ASI Ekslusif.

Selanjutnya, sambungnya, balita mendapatkan pemantauan pertumbuhan setiap bulan, penderita TB mendapatkan pengobatan sesuai standar. Kemudian, penderita hipertensi mendapatkan pengobatan secara teratur, dan penderita gangguan jiwa mendapatkan pengobatan serta tidak diterlantarkan. 

"Lalu, anggota keluarga tidak ada yg merokok, keluarga sudah menjadi anggota JKN, keluarga memiliki akses sarana air bersih, dan keluarga memiliki akses jamban sehat," tambahnya. 

Sulaeman berharap, pendataan dapat berjalan secara maksimal di wilayah PGS. Dengan begitu, nantinya dapat melakukan intervensi awal mengenai permasalahan kesehatan yang ditemukan di masyarakat. (JD 02/ED 02/EUD02)

YOUR REACTION?