Penyuluhan Pedoman Gizi Seimbang yang dilakukan oleh nutrisionis UPTS Puskesmas PGS. (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id-Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Pasir Gunung Selatan (PGS) memberikan penyuluhan 10 pedoman gizi seimbang kepada pengunjung fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama itu. Penyuluhan tersebut juga dilakukan untuk memperingati Hari Gizi dan Makanan yang jatuh pada 25 Januari kemarin.

Kepala UPTD Puskesmas PGS, Sulaeman Iskandar mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan bisa menambah wawasan masyarakat terkait pemenuhan gizi seimbang untuk tubuh. Pasalnya, dengan pemenuhan gizi seimbang dapat menghasilkan generasi yang sehat.

“Pemenuhan gizi seimbang perlu dilakukan agar pemenuhan kebutuhan dapat optimal, sehingga tubuh dapat terus sehat,” jelasnya kepada berita.depok.go.id, Rabu (29/01/20).

Dikatakan Sulaeman, dalam pemenuhan gizi seimbang terdapat 10 pedoman yang harus dilakukan masyarakat. Antara lain biasakan mengonsumsi aneka ragam makanan pokok, membatasi konsumsi pangan manis, asin, dan berlemak, serta melakukan aktivitas fisik yang cukup dan mempertahankan berat badan ideal.

Selanjutnya, membiasakan konsumsi lauk pauk yang mengandung protein tinggi, mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir. Serta membiasakan diri untuk sarapan pagi.

“Membiasakan minum air putih yang cukup dan aman, makan buah dan sayur, mengecek label pada kemasan pangan, dan mensyukuri nikmat aneka ragam makanan, juga perlu dilakukan untuk pemenuhan gizi seimbang,” tambahnya.

Sulaeman berpesan kepada masyarakat untuk mulai memenuhi pedoman gizi seimbang dalam mengonsumsi makanan. Tentu agar tubuh tetap sehat, sehingga dapat menjalankan kegiatan lebih maksimal. (JD02/ED 02/EUD 02)

YOUR REACTION?