Kepala UPTD Puskesmas Kalimulya, Toni Hermawan bersama tenaga medis lainnya saat melakukan sosialisasi terkait pencegahan Virus Corona ke pengunjung Puskesmas, belum lama ini. (Foto : Istimewa)

berita.depok.go.id– Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Kalimulya menyediakan layanan konsultasi kesehatan secara gratis bagi warga di Kelurahan Kalimulya dan Jatimulya. Langkah tersebut dilakukan demi mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19).

“Sebagai upaya untuk melakukan jaga jarak fisik (social distancing), kami membuka layanan konsultasi melalui telepon di nomor 081931882222. Namun hanya melayani masyarakat di Kelurahan Kalimulya dan Jatimulya,” kata Kepala UPTD Puskesmas Kalimulya, Toni Hermawan kepada  berita.depok.go.id, Selasa (24/03/20).

Dia menerangkan, pelayanan konsultasi kesehatan melalui telepon ini, beroperasi mulai pukul 11.00 - 16.00 WIB. Bagi masyarakat yang merasa memiliki gejala sakit, diimbau untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter melalui nomor layanan tersebut.

“Layanan konsultasi ini gratis, tanpa persyaratan apapun, dan konsultasinya langung dengan dokter. Satu pasien ditangani satu dokter,” terang Toni.

Selain menyediakan layanan konsultasi gratis, UPTD Puskesmas Kalimulya juga membatasi kunjungan orang sehat atau pengantar pasien. Pasien sakit hanya boleh diantar maksimal satu orang ke Puskesmas.

Bagi pasien yang sakit, lanjut Toni, diharapkan untuk terbuka dalam memberikan informasi kepada petugas kesehatan. Seperti memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri atau kontak dengan orang asing dan pasien terduga Covid-19.

“Untuk pasien yang sakit batuk wajib menggunakan masker dan kami imbau kepada masyarakat untuk rajin mencuci tangan pakai sabun sebagai pencegahan penularan virus. Jangan menyentuh mata, hidung, dan mulut sebelum mencuci tangan,” pungkas Toni. (JD 05/ED 01/EUD 02 )

YOUR REACTION?