Pemberian Vitamin A di wilayah Puskesmas Harjamukti. (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id-Unit Pelaksana Teknis (UPTD) Puskesmas Harjamukti memberikan vitamin A untuk 2.437 balita di wilayahnya. Ribuan balita tersebut terdiri dari usia 6-59 bulan.

Kepala UPTD Puskesmas Harjamukti, Eni Ernawati mengatakan, balita menerima vitamin A melalui Posyandu setempat. Pemberiannya langsung dilakukan oleh para kader di Posyandu.

“Vitamin A kami berikan kepada balita melalui Posyandu dengan menerapkan protokol kesehatan (protkes)," katanya kepada berita.depok.go.id, Rabu (10/02/21).

Eni menuturkan, protkes juga harus dijalankan oleh ibu dan balita penerima vitamin A. Tentu dengan menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Lanjut dia, pemberian vitamin A disesuaikan dengan usia anak. Untuk usia enam hingga 11 bulan diberikan vitamin A dosis 100.000 IU yang ditandai dengan warna biru. Sedangkan usia satu hingga lima tahun diberikan dosis 200.000 IU yang ditandai dengan warna merah.

Eni menjelaskan, vitamin A atau retinol memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh anak. Sebab, sambungnya, vitamin A terlibat dalam pembentukan, produksi dan pertumbuhan sel darah merah, sellimfosit, antibodi juga integritas sel epitel pelapis tubuh.

“Vitamin A juga bisa mencegah rabun senja, xeroftalmia, kerusakan kornea dan kebutaan,” tambahnya.

Terakhir, Eni berharap pemberian vitamin A dapat berjalan optimal dan tepat sasaran. Tentunya dengan dukungan dari masyarakat dan stakeholder terkait di wilayah. (JD02/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?