Informasi mengenai layanan vaksinasi dropout bagi masyarakat Kota Depok di UPTD Puskesmas Depok Jaya. (Foto: tangkapan layar).

berita.depok.go.id - Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Depok Jaya membuka pelayanan drop out vaksin. Pelayanan ini untuk penerima vaksin dosis pertama yang tidak melakukan vaksinasi dosis kedua karena telah melewati batas waktu enam bulan.

Kepala UPTD Puskesmas Depok Jaya, Euis Eka Kurniati menjelaskan, pelayanan vaksinasi ini dibuka mulai 05-07 April 2022.  Kuota yang disediakan sebanyak 140 dosis.

"Kami buka pelayanan dari pukul 08.00-10.00 WIB. Pendaftaran melalui daftarvaksin.depok.go.id atau on the spot langsung," jelasnya kepada berita.depok.go.id, Selasa (05/04/22).

dr Echa sapaan akrabnya, mengungkapkan, drop out vaksinasi terjadi akibat tidak melakukan vaksinasi dosis kedua dalam interval waktu lebih dari enam bulan terhitung sejak menerima vaksinasi dosis pertama. Sehingga kelompok ini yang diharuskan untuk mengulang vaksinasi.

"Vaksinasinya dapat menggunakan platform yang berbeda dari vaksin semula, untuk vaksin drop out kami berikan jenis Covovax," ucapnya.

Adapun persyaratan yang harus diperhatikan adalah berusia 18 tahun ke atas, tidak terinfeksi Covid-19 dalam satu bulan terakhir baik bergejala ringan hingga sedang dan tiga bulan terakhir gejala berat. Kemudian, sedang dalam kondisi sehat, memakai pakaian longgar, membawa alat tulis, membawa fotocopy KTP/KK dan bukti vaksinasi dosis pertama bagi yang sudah pernah vaksin.

"Kami juga membuka layanan vaksinasi booster untuk kuota 100 orang per hari," tandasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?