Tenaga kesehatan Puskesmas Cipas saat melakukan imunisasi di sekolah. (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id-Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Cisalak Pasar (Cipas) turut menyukseskan pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS). Pelaksanaan BIAS ini dilakukan dengan mengunjungi sekolah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Kami tetap menjalankan BIAS meskipun pandemi Covid-19 agar kebutuhan imunisasi pada anak dapat terpenuhi,” kata Kepala UPTD Puskesmas Cipas, Nunung Baitaningsih kepada berita.depok.go.id, Kamis (26/11/20).

Nunung menuturkan, pihaknya melakukan kunjungan ke sembilan Sekolah Dasar (SD) di Kelurahan Cipas. Untuk pelaksanaannya disesuaikan dengan jumlah siswa, jika sasarannya banyak maka dilakukan selama tiga hari. Tentunya untuk mencegah kerumunan saat pemberian imunisasi berlangsung.

Dikatakannya, imunisasi ini diberikan kepada murid kelas I, kelas II, dan kelas V. Untuk kelas I diberikan imunisasi measles rubela (MR) dan difteri tetanus (DT). Selanjutnya untuk kelas II dan kelas V diberikan imunisasi tetanus difteri (Td).

“Imunisasi diberikan sesuai dengan sasaran yang ditetapkan,” tambahnya.

Dalam pelaksanaannya, sambung Nunung, bagi orang tua yang menolak pemberian imunisasi harus membuat catatan dan alasannya. Kemudian, jika terdapat murid yang sakit maka akan ditunda hingga keadaan sembuh. Selain itu membuat perjanjian kedatangan dengan petugas untuk imunisasi BIAS di puskesmas.

“Apabila saat pelaksanaan terdapat murid yang sakit dapat ditunda dan melaksanakan imunisasi di Puskesmas,” tandasnya. (JD 02/ED 02/EUD02)

YOUR REACTION?