Petugas Kesehatan Puskesmas Cipas saat memberikan sosialisasi CTPS. (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id-Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Cisalak Pasar (Cipas) melakukan kampanye cuci tangan pakai sabun (CTPS) kepada masyarakat. Langkah tersebut dilakukan sebagai Kampanye Nasional dan Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia yang ditetapkan pada 15 Oktober.

“Kami lakukan sosialisasi dan penyuluhan CTPS kepada masyarakat yang sedang menunggu pelayanan kesehatan di Puskesmas,” kata Kepala UPTD Puskesmas Cipas, Nunung Baitaningsih kepada berita.depok.go.id, Jumat (16/10/20).

Dikatakan Nunung, ada sejumlah langkah dalam mencuci tangan pakai sabun. Di antaranya menggosok telapak tangan, punggung tangan, sela-sela jari, dan buku-buku jari. Kemudian, menggosok ibu jari, ujung kuku jari, dan membilas dengan air mengalir.

Nunung menambahkan, CTPS harus dilakukan sesering mungkin oleh masyarakat. Terlebih, saat berada di luar rumah atau usai menyentuh benda-benda.

“Sebelum makan, setelah dari kamar mandi, sebelum menyiapkan makanan, atau setelah menyentuh binatang harus mencuci tangan menggunakan sabun agar terbebas dari kuman dan bakteri,” tambahnya.

Terakhir, Nunung berpesan kepada seluruh masyarakat untuk rajin CTPS. Karena, tangan bisa menjadi agen pembawa kuman penyakit bagi diri sendiri maupun orang lain. (JD 02/ED 02/EUD02)

YOUR REACTION?