Salah satu nakes saat akan dilakukan penyuntikan Vaksin Covid-19 di UPTD Puskesmas Cipas. (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id-Vaksinasi Covid-19 tahap awal di Kota Depok diprioritaskan untuk tenaga kesehatan (nakes). Salah satu lokasi yang digunakan untuk vaksinasi adalah Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Cisalak Pasar (Cipas) yang kini sudah mulai melakukan penyuntikan vaksin Covid-19. 

Pada pelaksanaan, ada sejumlah alur teknis vaksinasi yang harus dijalani penerima vaksin Covid-19.

Menurut Kepala UPTD Puskesmas Cipas, Nunung Baitangsih, para nakes yang terdaftar telah mendapatkan undangan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Selanjutnya, mereka harus melakukan registrasi kembali.

“Nakes tersebut melakukan registrasi dengan memilih tempat dan waktu. Kemudian mendapatkan e-ticket yang digunakan untuk vaksinasi Covid-19,” tuturnya kepada berita.depok.go.id, Kamis (21/01/21).

Nunung menuturkan, nakes yang sudah mendapatkan e-ticket dapat mendatangi puskesmas sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Lalu, mereka kembali melakukan pendaftaran di Puskesmas tersebut.

Tahap selanjutnya, sambung dia, nakes yang akan disuntik Covid-19 melakukan skrining kesehatan. Skrining ini dengan pemeriksaan suhu dan tensi. Selain juga dengan menjawab 16 pertanyaan untuk melihat kondisi dan identifikasi penyakit penyerta (komorbid).

“Setelah lolos skrining akan dilakukan vaksinasi. Setelah selesai mereka mendapatkan kartu vaksinasi Covid-19,” terangnya.

Terakhir, ujarnya, para nakes yang sudah disuntik vaksin Covid-19 akan menjalani observasi selama 30 menit. Jika tidak ada keluhan dan efek samping maka mereka diperbolehkan pulang. (JD02/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?