UPTD Puskesmas Cisalak Pasar saat melakukan penyuluhan anemia kepada remaja putri. (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id-Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Cisalak Pasar (Cipas) melakukan kegiatan penyuluhan tentang Anemia kepada remaja putri. Edukasi yang diberikan tersebut sebagai peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) yang jatuh pada 25 Januari. 

Kepala UPTD Puskesmas Cipas, Nunung Baitaningsih mengatakan, tema peringatan HGN adalah 'Remaja Sehat, Bebas Anemia'. Untuk itu, ia memberikan penyuluhan bagi remaja putri agar terbebas dari anemia. 

"Remaja putri harus terbebas dari anemia karena nantinya akan mengalami kehamilan saat dewasa," katanya kepada berita.depok.go.id, Rabu (03/02/21). 

Lanjut dia, anemia merupakan kondisi kekurangan sel darah merah yang disebabkan dari kurangnya asupan zat besi. Apabila perempuan yang sedang hamil mengalami anemia, akan memberikan dampak buruk bagi diri dan anak dalam kandungan. 

Dikatakannya, dampak yang bakal terjadi pada perempuan hamil anemia yaitu jika terjadi pendarahan berlebih dapat berisiko kematian pada saat melahirkan. 

"Juga dapat pula berdampak ke bayi yg dilahirkan, bisa menyebabkan berat badan bayi lahir rendah (BBLR). Serta berisiko stunting," tandasnya. (JD02/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?