berita.depok.go.id-Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Cimanggis menyediakan layanan konsultasi penyakit Tuberkulosis (TB) Paru secara online. Layanan ini diberikan melalui whatsapp dengan menghubungi nomor 085697303415.

Kepala UPTD Puskesmas Cimanggis, Lina Herlina mengatakan, masyarakat dapat tanya jawab seputar TB Paru melalui whatsapp. Nantinya akan dijawab langsung oleh petugas kesehatan.

“Masyarakat dapat berkonsultasi langsung dengan petugas kami. Lalu akan diarahkan sesuai kondisi kesehatan masyarakatnya,” tuturnya kepada berita.depok.go.id, Kamis (29/04/21).

Lina menuturkan, bila masyarakat memerlukan pemeriksaan lebih lanjut akan diarahkan ke Puskesmas. Namun, jika masih gejala ringan dapat melakukan perawatan mandiri.

Dirinya melanjutkan, terdapat beberapa gejala penderita TB Paru. Untuk gejala utama yaitu mengalami batuk yang lama, baik berdahak maupun tidak berdahak. Kemudian, gejala lainnya di antaranya demam atau meriang, nafsu makan menurun, batuk berdahak campur darah, dan berat badan menurun.

“Juga mengalami gejala nyeri dada serta berkeringat tanpa sebab di sore dan malam hari. Jika mengalami hal tersebut segera hubungi  layanan kami,” tandasnya.(JD02/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?