Petugas medis UPTD Puskesmas Kecamatan Cilodong  bersiap melakukan Rapid Test Covid-19, di area puskesmas, Jumat (27/03/2020). (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id – Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Cilodong hari ini mulai melakukan tes cepat atau Rapid Test virus Corona (Covid-19). Sebanyak 60 pasien terdiri dari Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan tenaga medis puskesmas yang diperiksa. 

Kepala UPTD Puskesmas Cilodong, Dharma Ningsih mengatakan, pelaksanaan Rapid Test Covid-19 dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama pukul 08.00 WIB dikhususkan untuk tenaga medis sedangkan sesi kedua bagi ODP dan PDP mulai pukul 09.00 WIB.

“Pasien yang ikut Rapid Test hari ini adalah yang namanya sudah terdata di Crisis Center  Satgas Covid-19 Kota Depok. Alhamdulillah, pukul 12.00 WIB sudah selesai pemeriksaannya,” kata Dharma kepada  berita.depok.go.id, Jumat (27/03/20).

Dijelaskannya, Rapid Test ini dilakukan guna mengetahui hasil lanjutan dari status ODP dan PDP tersebut negatif atau positif Covid-19. Sementara untuk hasil pemeriksaannya, pasien akan dihubungi oleh petugas Call Center Puskesmas Cilodong. 

“ Atau nanti disampaikan melalui Kepala Puskesmas di wilayahnya masing-masing,” jelas Dharma.

Terakhir, Dharma mengimbau, seluruh warga Kecamatan Cilodong untuk mematuhi protokol yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan daerah. Dengan begitu, masyarakat telah membantu peran tenaga medis dalam menanggulangi penyebaran Covid-19 di Kota Depok.

“Masyarakat diharapkan tetap berada  di rumah saja jika tidak ada aktivitas yang mendesak. Selalu terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), konsumsi makanan bergizi seimbang, olahraga teratur, dan juga jaga jarak fisik (social distancing),” pungkasnya (JD 05/ED 01/EUD 02). 

YOUR REACTION?