Wali Kota Depok, Mohammad Idris bersama Sekretaris Daerah, Supian Suri dan Ketua TP-PKK Kota Depok, Bunda Elly Farida menyerahkan secara simbolis paket sembako dari program D'SabR kepada veteran dalam rangka memperingati Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 di Kelurahan Abadi Jaya, Kecamatan Sukmajaya, Senin (16/08/2021). (Foto: Diskominfo).

berita.depok.go.id- Program Depok Saba Rakyat (D'SabR) berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 1.607.694.600. Program yang digagas Pemerintah Kota (Pemkot) Depok di tahun 2021 ini, untuk membantu warga yang terdampak pandemi Covid-19.

"Capaian program D'SabR selama 14 pekan terkumpul dana sebesar Rp 1.607.694.600. Dana ini berasal dari donasi para Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Depok dari masing-masing Perangkat Daerah (PD) termasuk kelurahan.," ujar Kepala Bagian Perekonomian Dan Sumber Daya Alam (SDA) pada Sekretariat Daerah Kota Depok, Adnan Mahyudin kepada berita.depok.go.id, Kamis (13/01/22).

Dikatakannya, dana tersebut selanjutnya dibelanjakan paket bantuan di toko atau outlet  Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) maupun koperasi. Kemudian, disalurkan kepada warga terdampak Covid-19 . Seperti, pasien yang sedang menjalani isolasi mandiri, veteran, dan lainnya.

Saat ini, lanjut Adnan, program D'SabR sudah tidak dilanjutkan kembali. Setiap PD kini fokus dalam pengumpulan dana untuk Bulan Dana Palang Merah Indonesia (PMI) sesuai dengan target yang telah ditentukan . 

"Sekarang  program D'SabR sudah tidak berlanjut, dan PD beralih untuk fokus dalam pengumpulan dana untuk PMI sesuai dengan target yang sudah ditentukan," jelasnya. 

Untuk diketahui, program D’SabR  telah diatur dalam Surat Edaran (SE) Wali Kota Nomor 460/386-Ekonomi. Program ini sekaligus bertujuan untuk membantu pelaku UMKM yang ikut terdampak di masa pandemi Covid-19 melalui pembelian paket bantuan di toko/warung/outlet UMKM/ koperasi dengan memperhatikan sejumlah mekanisme. (JD 12/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?