Foto: Istimewa

Kepala Disperdagin Kota Depok, Zamrowi Hasan (tengah) bersama Kepala Bidang Perdagangan, Anim Mulyana (kiri) dan CEO dan Founder  Indonesia In Your Hand, Amiranto Adi Wibowo (kanan) saat kegiatan pelatihan e-commerce di Hotel Santika, Margonda, belum lama ini.

berita.depok.go.id – Produk Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kota Depok dinilai memiliki potensi untuk menembus pasar global. Hal tersebut disampaikan oleh Chief Executive Officer (CEO) dan Founder Indonesia In Your Hand, Amiranto Adi Wibowo yang telah menfasilitasi pemasaran beberapa produk asal Kota Sejuta Maulid ini ke luar negeri.

Amiranto Adi Wibowo mengatakan, tahun lalu, pihaknya telah mengekspor sebanyak tiga produk milik pengusaha Kota Depok. Yaitu gula aren, sambal, dan kue kering.

“Olahan makanan yang bisa diekspor, ada standar minimal masa kadaluwarsanya yakni satu tahun. Ketiga produk itu telah lolos standarisasi,” kata Amiranto kepada berita.depok.go.id usai kegiatan Pelatihan E-Commerce, di Hotel Santika, Margonda, baru-baru ini.

Selain olahan makanan, sambung Amir, produk lokal yang dapat bersaing di pasar global adalah hasil kerajinan tangan (craft) dan alat-alat kesehatan. Salah satunya produk kerajinan boneka berbusaha daerah.

“Boneka berbusana daerah  akan kami dorong agar bisa dipasarkan ke Kantor Kedutaan Besar RI di seluruh dunia, sebagai oleh-oleh untuk tamunya Duta Besar (Dubes),” jelas Amir.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang Perindustrian Disperdagin Kota Depok, Anim Mulyana menyebut, pihaknya terus mendorong dan memfasilitasi pelaku IKM untuk memasarkan produknya ke pasar internasional. Termasuk, mengadakan pelatihan dengan menggandeng pengusaha di bidang ekspor.

“Kami terus melakukan berbagai upaya untuk mendorong produk Depok ke  kancah internasional, mudah-mudahan semakin banyak melahirkan produk-produk lokal yang memiliki nilai ekspor,” ucap Anim. (JD 05/ED 01/EUD 02)

YOUR REACTION?