Lurah Sukatani, Cahyanto. (Istimewa)

berita.depok.go.id-Lurah Sukatani, Cahyanto berkomitmen mewujudkan lingkungan yang aman dan nyaman dengan melibatkan Kelompok Sadar Keamanan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas). Untuk itu, bersama Pokdar Kamtibmas, pihaknya memantau situasi dan kondisi wilayah dengan menggunakan Handy Talky (HT) yang terhubung ke tiap RW.

"Saya sangat mengapresiasi keberadaan Pokdar Kamtibmas di Kelurahan Sukatani. Sebab, mereka sangat membantu pemerintah dalam menjaga dan mengamankan wilayah Sukatani," katanya kepada berita.depok.go.id, Senin (30/11/20).

Dia menjelaskan, saat ini hampir seluruh RW sudah terhubung ke Pokdar Kamtibmas melalui frekuensi radio dari HT. Bahkan, sambungnya, di RW 22 tiap RT sudah punya HT masing-masing.

"Saya juga terhubung dengan Pokdar dan RT-RW melalu HT. Jadi lebih cepat mendapatkan informasi. Sedangkan, di kelurahan juga sudah dipasang antena jarak jauh untuk memperluas jangkauan HT," terangnya.

Cahyanto mengatakan, berkat jaringan yang luas dan kecepatan informasi, Pokdar di Sukatani pernah mengamankan pelaku penyalahgunaan obat. Pelaku langsung diserahkan kepada pihak berwajib, agar segera dilakukan rehabilitasi.

Ia memambahkan, selain itu, mereka juga rutin melakukan piket di posko dekat lapangan Swis, RW 18. Pokdar Kamtibmas juga selalu siap jika diperlukan oleh instansi. Baik oleh kelurahan, puskesmas, Babinsa, Babinkamtibmas dan masyarakat.

Lebih lanjut, ucapnya, siang ataupun malam ada yang berjaga di sana dan jika Sabtu malam mereka patroli. Terkadang juga melakukan kerja sama lintas kelurahan yang bersinggungan, yaitu Cisalak Pasar, Harjamukti, Curug dan wilayah lain.

"Semoga ke depan Pokdar semakin diberdayakan guna membantu Babinsa dan Babinkamtibmas di lapangan. Dengan begitu, keamanan dan kondusivitas di wilayah Sukatani dapat terjaga," tandasnya. (JD 09/ED 02/EUD02)

YOUR REACTION?