Kepala Bidang Rehabiltasi Sosial, Dinsos kota Depok, Nita Ita Hernita (tengah) saat mengantarkan dua PMKS yang akan bekerja salah satu RS Swasta di Kota Depok, belum lama ini. (Istimewa)

berita.depok.go.id-Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok berkomitmen untuk menfasilitasi para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Mereka yang terjaring kemudian selesai pembinaan akan ditindaklanjuti agar tidak kembali ke jalan.

Kepala Bidang Rehabiltasi Sosial, Dinsos kota Depok, Nita Ita Hernita mengatakan, pihaknya akan mengasesmen dan menelusuri para PMKS yang terjaring. Setiap jenis PMKS berbeda-beda penangannnya. 

“Kami telah merehabilitasi PKMS yang menjadi manusia silver, beberpa waktu lalu. Mereka perempuan kepala keluarga yang mencari nafkah. Ada dua orang yang discreening dengan edukasi etika dan sebagainya. Kami ingin membina karena mereka terbiasa di jalanan,” katanya kepada berita.depok.go.id, Kamis (25/02/21).

Dikatakanya, dua PMKS yang telah selesai dibina tersebut akan diarahkan untuk bekerja. Pihaknya pun melakukan kerja sama dengan beberapa perusahaan, seperti rumah sakit yang membuka lowongan pekerjaan. 

“Alhamdulillah keduanya sekarang diterima kerja sebagai office girls. Keduanya merupakan warga Kelurahan Sukmajaya. Mereka akan bekerja dengan masa percobaan  selama tiga bulan sambil terus dipantau baik dari sisi loyalitas, sopan santun dan etika. Setelah melewati itu baru kemudian dikontrak untuk menjadi pegawai,” jelasnya.

Dia menambahkan, pihaknya akan terus melakukan pengawasan kepada PMKS. Langkah itu untuk memastikan mereka dapat hidup lebih baik. 

“Kami ingin setelah direhab, mereka akan menjadi manusia mandiri dan tidak kembali lagi ke jalan,”tutupnya. (JD03/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?