Pjs Wali Kota Depok Dedi Supandi mengecek kesiapsiagaan Perangkat Daerah dan stakeholder terkait dalam  Apel Siaga Bencana di Lapangan Balai Kota, Senin (09/11/20). (Diskominfo).

berita.depok.go.id-Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Depok Depok Dedi Supandi mengatakan, untuk membangun sinergisitas antara Perangkat Daerah (PD), stakeholder serta masyarakat dalam upaya siaga bencana, dibutuhkan beberapa strategi. Terdapat tiga konsep yang dapat diterapkan.

“Ada tiga konsep yang bisa diterapkan dalam upaya siaga bencana. Seluruh unsur terkait diimbau untuk menerapkan itu,” ujarnya usai memimpin Apel Siaga Bencana di Lapangan Balai Kota Depok, Senin (09/11/20).

Dikatakannya, konsep pertama adalah inovasi. Seluruh pihak terkait diimbau untuk memiliki inovasi sehingga bisa mempercepat kesiapsiagaan dalam penanggulangan maupun pra bencana.

“Kedua adalah kolaborasi. Kita dituntut untuk cepat dan tanggap dalam upaya penanganan maupun pencegahan potensi bencana. Koordinasi antarpihak terkait sangat dibutuhkan guna menciptakan kesatuan,” terangnya.

Konsep terakhir, kata Dedi, yaitu disentralisasi yang harus segera dilakukan. Menurutnya, penanganan bencana di wilayah juga perlu melibatkan masyarakat sekitar agar ada rasa memiliki.

“Kebijakan yang ada di pusat, seperti pasukan gorong-gorong pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok harus di disentralisasi ke kecamatan. Agar timbul rasa memiliki satu sama lain. Jika ini semua dilaksanakan, maka penanganan bencana bisa segera teratasi,” pungkasnya. (JD 08/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?