Petugas promosi kesehatan UPTD Puskesmas Mampang melakukan penyuluhan melalui dongeng kepada anak-anak di Posyandu, belum lama ini. (Foto: istimewa).

berita.depok.go.id - Petugas promosi kesehatan (Promkes) dari Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Mampang rutin melakukan penyuluhan kesehatan ke Posyandu-Posyandu. Namun berbeda dari biasanya, kali ini penyampaian informasi dilakukan dengan cara yang menarik yaitu mendongeng.

Kepala UPTD Puskesmas Mampang, Winarni Naweng Triwulandari menjelaskan, metode dongeng sangat cocok digunakan karena pengunjung Posyandu adalah orang tua dan anak-anak. Informasi yang disampaikan oleh petugas pun dinilai akan terserap dengan baik oleh mereka yang mendengarkannya.

"Petugas Promkes kami sangat kreatif dan suka mendongeng. Oleh sebab itu, penyuluhan dengan dongeng menjadi cara kami memberikan informasi kepada masyarakat," jelasnya kepada berita.depok.go.id, Rabu (18/05/22).

Naweng menyebut, pada penyuluhan bulan ini bertemakan makan buah dan sayur. Dalam menyampaikan informasinya, petugas menggunakan peralatan pendukung seperti boneka agar memudahkan anak-anak menyerap informasinya.

"Anak-anak diajak untuk rajin mengonsumsi sayur dan buah sejak dini untuk membantu perkembangan tubuhnya," ucapnya.

Dikatakannya, dalam waktu dekat pihaknya juga akan melakukan penyuluhan kepada masyarakat mengenai penyakit hepatitis akut. Pemilihan tema pun menyesuaikan hari-hari besar kesehatan dan isu-isu nasional.

"Kami berharap masyarakat Mampang semakin peduli dengan kesehatan dirinya, sehingga terhindari dari paparan virus-virus," tandasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?