Petugas kesehatan Puskesmas Cipas saat mengikuti tes kebugaran. (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id-Petugas di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Cisalak Pasar (Cipas) menjalani tes kebugaran. Kegiatan rutin yang digelar puskesmas setiap tahun ini sejalan dengan program kesehatan olahraga Waode Moliyuni. 

“Tes ini kami lakukan agar petugas puskesmas dapat mengetahui tingkat kebugarannya. Dengan kategori bugar atau kurang,” tutur Kepala UPTD Puskesmas Cipas, Nunung Baitaningsih kepada berita.depok.go.id, Rabu (17/03/21).

Menurutnya, tes kebugaran dilakukan dengan beberapa metode pemeriksaan. Di antaranya dengan mengukur berat badan, tinggi badan, Indeks Masa Tubuh (IMT), dan tes kebugaran. 

Sebelum tes kebugaran, tambah Nunung, petugas harus melakukan pemanasan. Kemudian, lari atau jalan cepat dengan jarak 1.600 meter selama 6 menit. 

“Lari atau jalan cepat akan dihitung sesuai waktu tempuhnya untuk mengetahui tingkat kebugarannya,” ujarnya.

Nunung menambahkan, berdasarkan tes yang dilakukan, jika dinyatakan bugar maka dapat terus dipertahankan. Namun, jika hasilnya tidak sesuai standar, dilakukan intervensi dengan latihan fisik dan pola makan seimbang, sehingga ke depannya bisa lebih bugar.

“Pengawasan akan terus kami lakukan karena ini kegiatan rutin agar dapat melakukan pelayanan dengan optimal,” tandasnya (JD02/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?