Lurah Mekarjaya, Zainal Arifin (kiri) saat melihat anak-anak sedang menjalani PJJ di RW 30 Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya, belum lama ini. (Foto: istimewa).

berita.depok.go.id - Guna memudahkan pelajar di wilayahnya melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), pengurus Rukun Warga (RW) 30 Kelurahan Mekarjaya menyediakan fasilitas wifi gratis. Jaringan internet ini dipasang  di Balai RW setempat.

Ketua RW 30 Kelurahan Mekarjaya, Jejen Jaelani mengatakan, penyediaan fasilitas tersebut merupakan hasil kerjasama dengan pihak Kelurahan Mekarjaya dan  swasta. Dia berharap, upaya ini dapat membantu anak-anak di lingkungan tersebut melaksanakan belajar secara dalam jaringan (daring) atau online.

"Dengan adanya wifi gratis ini dapat membantu meringankan beban orang tua di masa pandemi Covid-19, karena anak-anak sekolah diwajibkan untuk belajar melalui online dan itu membutuhkan kuota internet," katanya kepada  berita.depok.go.id, Selasa (29/09/20).

Jejen menjelaskan,  jam operasional wifi dimulai pukul 07.00 sampai 13.00 WIB. Saat ini terdapat 30 anak yang sudah memanfaatkannya.

"Wifi ini memiliki kecepatan 30 MBps. Selama ini tidak ada kendala dalam menggunakan jaringan tersebut," jelasnya.

Sementara itu, Lurah Mekarjaya, Zainal Arifin menambahkan, penyediaan wifi gratis merupakan inisiatif pihaknya dan pengurus RW setempat. Sebab, imbuhnya,  fasilitas ini sangat diperlukan pelajar untuk mempermudah PJJ.

"Mudah-mudahan di wilayah lainnya dapat mengikuti hal yang sama dengan memberikan wifi gratis untuk memudahkan anak-anak mengikuti PJJ," tutupnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?