Foto: JD 04/Diskominfo

Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Cilodong Depok meluncurkan aplikasi bernama Si Ratu Cilok, Jumat (11/09/2020). Turut dihadiri Kadiskominfo Kota Depok, Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, dan jajaran Kepala Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Depok.

berita.depok.go.id - Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Cilodong Depok meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Rutan Kelas I Cilodong Depok (Si Ratu Cilok). Inovasi ini untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat di masa pandemi Covid-19.

"Selain memudahkan pelayanan masyarakat, tentunya aplikasi ini dapat memberikan manfaat untuk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP)," jelas Kepala Rutan Kelas I Cilodong Depok, Dedy Cahyadi, usai merilis aplikasi tersebut, Jumat (11/09/20).

Dirinya menuturkan, aplikasi Si Ratu Cilok dilengkapi dengan berbagai fitur. Di antaranya  pelayanan kunjungan, informasi, integrasi, dan pelayanan pengaduan.

"Aplikasi ini tersedia di Playstore tetapi calon pengguna harus mengunduhnya  di Rutan Kelas I Cilodong. Karena kami perlu memastikan pengunjung yang datang merupakan keluarga WBP," jelasnya.

Adapun manfaat yang dapat dirasakan dalam aplikasi ini, lanjutnya, yaitu mempercepat dan mempermudah pelayanan kunjungan, serta memberikan kepastian hukum terkait status warga binaan. Selain itu, juga dapat memberikan informasi yang komprehensif tentang layanan yang ada di Rutan.

“Mudah-mudahan aplikasi ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat," ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Sidik Mulyono mengapresiasi diluncurkannya aplikasi Si Ratu Cilok. Dia berharap,  dengan aplikasi ini dapat memudahkan masyarakat, khususnya keluarga WBP dalam mengurus izin kunjungan.

"Di masa pandemi Covid-19, aplikasi ini sangat membantu keluarga WBP yang ingin berkunjung," tandasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?