Kepala UDD Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok, Widya Astriyani. (Foto: istimewa)

berita.depok.go.id- Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok mencatat, saat ini jumlah permintaan terhadap plasma konvalesen terus mengalami penurunan. Hal tersebut seiring dengan perubahan status Kota Depok yang kini berada di zona kuning atau risiko ringan penularan Covid-19.

“Ya benar sudah turun (permintaan plasma). Penurunan permintaan ini sejak akhir Agustus atau saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3,” ujar Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Depok, Widya Astriyani, di ruang kerjanya, Selasa (21/09/21).

Dikatakannya, pada periode Juli lalu, terdapat sebanyak 289 permintaan yang masuk daftar tunggu. Namun, imbuhnya, kini tidak ada atau nihil.

“Sejak penurunan kasus di akhir Agustus, permintaan mulai turun dan saat ini tidak ada daftar tunggu. Bahkan, sekarang kami ada stok plasma konvalesen,” terangnya.

Untuk diketahui, terapi plasma konvalesen merupakan salah satu metode imunisasi pasif, yang dilakukan dengan memberikan plasma penyintas yang telah sembuh dari Covid-19, kepada pasien Covid-19 yang sedang dirawat. (JD 08/ED 01/EUD02) 

YOUR REACTION?