Pelaksanaan Bimtek Patroli Holistik di Hotel Bumi Wiyata. (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id-Upaya memperkuat layanan ketertiban umum (tibum) dan ketentraman masyarakat (tranmas) terus dilakukan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok. Salah satunya dengan menggelar bimbingan teknis (bimtek) Patroli Holistik bagi para Komandan Tim (Dantim) kelurahan. 

Kepala Satpol PP Kota Depok, Lienda Ratnanurdianny mengatakan, patroli holistik ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang  pola sikap, pola kerja, pola tindak dan persamaan persepsi tentang pelaksanaan patroli holistik. Bimtek ini juga merupakan salah satu program proyek perubahan (proper) yang digagasnya dalam Pendidikan Kepemimpinan Nasional tingkat II angkatan ke 7 tahun 2020. 

"Patroli holistik ini merupakan kegiatan patroli terintegrasi dan menyeluruh berbasis kewilayahan tentang tibum dan tranmas yang dilakukan Aparat Satpol PP bersama-sama  dengan TNI, Polri dan masyarakat," jelasnya kepada  berita.depok.go.id, Kamis (16/07/20).

Lienda menuturkan, bimtek patroli holistik ini juga penting sebagai sarana untuk meningkatkan kapasitas, peran, dan fungsi dari para anggota tim yang tergabung. Selain itu juga untuk penyamaan persepsi tentang mekanisme patroli holistik.

Sementara itu, Kasudit Tata Operasional dan Standarisasi Direktorat Pol PP Kemendagri Republik Indonesia, Beny M Pakpahan menyatakan, keterlibatan unsur masyarakat dalam penyelenggaran tibum tranmas merupakan hal mutlak yang diatur dalam Permendagri Nomor 26 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat serta Perlindungan Masyarakat. Unsur masyarakat memiliki peran yang sangat penting dalam membantu Satpol PP menjalankan tugas pokok dan fungsinya. 

"Kami sangat mendukung dan mengapresiasi upaya Kepala Satpol PP Depok untuk melaksanakan kegiatan Patroli Holistik yang melibatkan unsur masyarakat untuk deteksi dan cegah dini masalah tibum tranmas di wilayah kelurahan,” ujar Beny.

Beny berharap ke depan, kegiatan patroli holistik ini akan semakin memperkokoh sinergisitas pelaksanaan tugas pemerintah khususnya yang diemban oleh Satpol PP. Yaitu memberikan pelayanan dasar bidang tibum tranmas dan perlindungan masyarakat. 

Kemudian, sambungnya, patroli holistik ini bisa menjadi kegiatan percontohan dan memberikan inspirasi bagi daerah kota dan kabupaten lain dalam membuat inovasi program khususnya organisasi Satpol PP.

 "Satpol PP sebagai Perangkat Daerah yang salah satu tugasnya yaitu menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, sering bersentuhan langsung dengan masyarakat dalam menjalankan tugas dan kewajibannya. Maka, patroli holistik diharapkan menjadi salah satu formula sinergi yang tepat dengan masyarakat dalam deteksi dan cegah dini tentang tibum tranmas di wilayah kelurahan,” harap Beny. 

Di tempat yang sama, salah satu peserta bimtek, Rukby menyampaikan, kegiatan ini sangat bermanfaat baginya dan juga untuk para komandan tim kelurahan. Materi yang didapatkan, menurutnya, sangat berguna dan relevan dengan tugas yang akan dijalankan di kelurahan . Serta menambah wawasan pengetahuan sebagai aparat Satpol PP.

"Kami sangat terbantu dan termotivasi dengan adanya bimtek tersebut. Sebab, banyak hal dan informasi serta ilmu pengetahuan pemerintahan yang kami dapatkan, yang nantinya akan menjadi bekal penting dalam menjalankan tugas,” tutup Rukby yang bertugas sebagai Dantim Kelurahan Rangkapan Jaya dan Rangkapan Jaya Baru. (JD02/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?