Yayasan Sahabat Ciliwung mengarungi sungai sepanjang lima kilometer dalam rangka Hari Ciliwung, Rabu (11/11/20). (Istimewa).

berita.depok.go.id-Memperingati Hari Ciliwung yang jatuh setiap 11 November, Yayasan Sahabat Ciliwung mengadakan kegiatan susur sungai sepanjang lima kilometer. Dimulai dari kolong Tol Cijago, Kelurahan Kemiri Muka dan berakhir di Kelurahan Pasir Gunung Selatan.

“Ya, susur sungai ini dalam rangka memperingati Hari Ciliwung. Selain itu, kami juga mendampingi Wali Kota Bogor Bima Arya yang sudah lebih dulu menyusuri sungai dari Bogor,” ujar Ketua Yayasan Sahabat Ciliwung, Hidayat Al Ramdani, Rabu (11/11/20).

Memaknai Hari Ciliwung, Dayat, panggilan akrabnya, berharap kondisi sungai sepanjang 119 kilometer tersebut bisa semakin membaik. Selain itu, pencemaran dan pelanggaran Garis Sepadan Sungai (GSS) bisa segera teratasi.

“Kami ingin Sungai Ciliwung menjadi tempat edukasi, konservasi wisata dan olahraga prestasi. Aliran Ciliwung saat ini kondisinya masih perlu diperjuangkan dan mendapat perhatian dari seluruh pihak, agar airnya bisa jernih kembali dan ekosistemnya terjaga,” terangnya.

Lebih lanjut, Yayasan Sahabat Ciliwung dan Tim Patroli memiliki tekad memerdekakan sungai dari sampah dan limbah. Dirinya ingin, Ciliwung menjadi destinasi wisata yang bisa membanggakan Kota Depok serta para penggiat Sungai Ciliwung.

“Terima kasih kepada penggiat lingkungan yang telah berkontribusi, sehingga Ciliwung memiliki kehidupan yang lebih ceria dan mmbahagiakan seluruh masyarakat. Sungai ini merupakan symbol atau ibu kita, karena alirannya menghidupi banyak orang,” pungkasnya. (JD 08/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?