Kepala DPAPMK Kota Depok, Nessi Anisa Handari, saat memberikan sambutan pada kegiatan pelayanan Keluarga Berencana (KB) di pusat perbelanjaan Tip Top, Selasa (04/05/21). (Istimewa)

berita.depok.go.id- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) mengadakan pelayanan Keluarga Berencana (KB) di pusat perbelanjaan Tip Top. Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari peringatan Hari Buruh Internasional Tahun 2021. 

Kepala DPAPMK Kota Depok, Nessi Anisa Handari mengatakan, kegiatan ini juga untuk mengantisipasi menurunnya pelayanan KB di masa pandemi Covid-19. Oleh kerena itu, pihak perlu melakukan berbagai upaya guna memastikan keberlangsungan penggunanan alat dan obat kontrasepsi.

"Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (BanggaKencana) yang diusung BKKBN sejalan dengan program Kota Depok yaitu peningkatan ketahanan keluarga yang mengedepankan pembentukan keluarga untuk melahirkan generasi yang berkualitas," ujar kepada berita.depok.go.id, di pusat perbelanjaan Tip Top, Selasa (04/05/21). 

Dikatakannya, pelayanan KB yang diadakan berupa pemberian pil KB kepada para karyawati. Pelayanan ini diberikan secara gratis.

"Dalam kegiatan ini, juga dilakukan pemeriksaan kesehatan gratis oleh Dinas Kesehatan dan Puskesmas Sukmajaya bagi pegawai PT Tip Top. Meliputi, pemeriksaan gula darah dan kolesterol," jelasnya. 

Melalui kegiatan tersebut, Nessi berharap, Kota Depok dapat mengantisipasi peningkatan angka kelahiran pasca pandemi Covid-19. Termasuk, meningkatkan capaian kepesertaan KB untuk mewujudkan keluarga dan generasi yang berkualitas. 

"Selain itu, kami juga mengajak semua karyawan Tip Top untuk membantu pemerintah terkait perlindungan perempuan dan anak,  dengan memberikan informasi terkait kemungkinan terjadi permasalahan keluarga, dan tentu juga melaporkan setiap ada kekerasan pada perempuan dan anak di Kota Depok," tandasnya (JD12/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?