Kegiatan webinar ASEAN Dengue Day tahun 2022. (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok menggelar web seminar (webinar) ASEAN Dengue Day tahun 2022. Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati ASEAN Dengue Day yang jatuh pada 16 Juni setiap tahunnya yang mengusung tema Wujudkan Indonesia Bebas Dengue dengan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan 3M Plus  yaitu menguras, menutup, dan memanfaatkan kembali barang bekas.

“Dengan webinar ini diharapkan masyarakat memahami bahwa pencegahan dan pengendalian demam berdarah yg paling efektif adalah dengan PSN dan 3M Plus bukan dengan melakukan fogging,” tutur Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati, Selasa (21/06/22).

Mary menjelaskan, demam berdarah dengue (DBD) disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus. Penyakit ini banyak dijumpai, terutama di daerah tropis dan sering menimbulkan kejadian luar biasa (KLB).

“DBD erat kaitannya dengan faktor lingkungan dan perilaku masyarakat. Maka harus dilakukan PSN dengan cara 3M Plus,” tambahnya.

Lebih lanjut, kata Mary, upaya lain yang dilakukan dengan pemberdayaan masyarakat dengan melakukan pemantauan jentik berkala oleh setiap rumah tangga atau keluarga secara mandiri.

“Juga dilakukan gerakan satu rumah satu juru pemantau jentik (G1R1Ji) dalam mencegah perkembangbiakan nyamuk penular demam berdarah,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, webinar ASEAN Dengue Day dibuka oleh Staff Ahli Wali Kota Bidang Politik Hukum dan Pemerintahan Kota Depok, Mohammad Fitriawan. Selain itu juga menghadirkan dua narasumber. Yaitu, Hendry S. Saragih sebagai Dokter Spesialis Penyakit Dalam di RS Bunda Margonda dan Naning Nugrahini sebagai Kepala Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Jakarta. (JD02/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?