Saat pembagian masker di depan Kantor Kecamatan Sawangan, Selasa (01/12/20). (Istimewa)

berita.depok.go.id-Warga Peduli AIDS (WPA) Kecamatan Sawangan memperingati Hari AIDS Sedunia (HAS) 2020 yang jatuh pada 1 Desember. Dalam peringatan tersebut diisi dengan sejumlah kegiatan yang tersebar se-Kecamatan Sawangan.

Ketua WPA Kecamatan Sawangan, Aditya Nurpratama mengatakan, WPA Kecamatan Sawangan bersama seluruh stakeholder di wilayahnya hari ini melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan HAS. Dikatakannya, ada dua rangkaian acara yang dilakukan di delapan titik se-Kecamatan Sawangan. 

“Hari ini kami bersama Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Depok, camat, lurah, Puskesmas, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK), seluruh kader dan pihak lainnya, melakukan kegiatan simpatik pemberian 4.000 masker dan sejumlah bunga serta pita merah di delapan titik," katanya kepada berita.depok.go.id, Selasa (01/12/20).

Dia menuturkan, delapan titik tersebut antara lain satu di depan kantor Kecamatan Sawangan. Lalu, tujuh tersebar di depan kantor kelurahan se-Kecamatan Sawangan.

"Khusus di Kelurahan Kedaung ada kegiatan Voluntary Counselling and Testing (VCT) Mobile," ujarnya.

Menurutnya, dalam rangkaian kegiatan ini puncaknya adalah pengukuhan dan pembekalan kepada seluruh Pokja WPA Kelurahan se-Kecamatan Sawangan yang baru terbentuk. Rencananya, akan dilaksanakan pada pertengahan Desember ini.

"InsyaAllah nanti puncaknya adalah pembekalan kepada seluruh Pokja WPA se-Kecamatan Sawangan. Pembekalan ini agar ada keseragaman frekuensi yang sama dalam menyampaikan informasi terkait HIV AIDS kepada seluruh masyarakat," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Tugas Dinas (UPTD) Puskesmas Kedaung, Anugrah Sri Handayani menyatakan, VCT Mobile pada kegiatan ini sebagai upaya untuk mendeteksi HIV/AIDS sejak dini. Selain juga merupakan sarana pemeriksaan gratis jemput bola bagi ibu hamil.

Menurutnya, kegiatan tersebut dilakukan di luar tempat layanan. Para petugas memberikan konseling dan pengambilan sampel darah untuk diperiksa di laboratorium. 

“Saya berharap dengan memperkuat kolaborasi seluruh elemen masyarakat dan meningkatkan solidaritas, maka 10 tahun menuju akhir AIDS di 2030 bisa tercapai,” terangnya.

Di tempat yang sama Ketua TP-PKK Kecamatan Sawangan, Tety Fatimah menambahkan, pihaknya sangat mengapresiasi sejumlah kegiatan untuk memperingati HAS 2020. Terlebih langkah-langkah ini memiliki makna sebagai bentuk kepedulian terhadap kasus HIV/AIDS.

"Semoga dengan kegiatan ini dapat menyadarkan masyarakat untuk tidak melakukan hal yang dapat menularkan HIV/AIDS serta Covid-19 di Kecamatan Sawangan khususnya dan warga Depok pada umumnya," pungkasnya. (JD 09/ED 02/EUD02)

YOUR REACTION?