Wali Kota Depok, Mohammad Idris.

berita.depok.go.id-Peringatan Hari Lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni diperingati dengan cara berbeda di tahun ini. Sebab, di tengah pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menanggulangi Coronavirus (Covid-19), setiap masyarakat diminta untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan yang dirancang pemerintah.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, masyarakat bisa mengikuti Peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual pada 1 Juni mulai pukul 7.45 WIB di TVRI, kanal YouTube Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), laman Facebook atau Instagram BPIP. Menurutnya, warga Depok bisa menonton di ruang kerja, rumah atau tempat tinggal masing-masing.

"Hal itu sesuai dengan Surat Edaran (SE) Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Nomor 4 Tahun 2020 tanggal 18 Mei 2020, Perihal Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020 serta Radiogram Menteri Dalam Negeri Nomor: 003.1/2579/POLPUM tanggal 27 Mei 2020. Pemkot Depok juga mendukung dengan mengeluarkan SE Nomor : 003/259-Huk/Kesbangpol Tentang Peringatan Hari Lahir Pancasila," kata Mohammad Idris, Minggu (31/05/20).

Dikatakannya, ada sejumlah poin yang tercantum dalam SE Kepala BPIP tersebut. Di antaranya warga diimbau mengibarkan bendera Merah Putih selama satu hari pada tanggal 1 Juni 2020. Selanjutnya, gunakan tema atau logo Hari Lahir Pancasila pada media sosial, yang dapat diunduh pada web BPIP.

"Kemudian, tidak mengadakan kegiatan atau aktivitas peringatan Hari Lahir Pancasila yang menimbulkan berkumpulnya banyak orang. Sebab hal tersebut tidak sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. 

Dirinya menambahkan, masyarakat diharapkan bisa memperingati Hari Lahir Pancasila sesuai dengan instruksi pemerintah. Agar dapat ikut membantu dalam mencegah  penularan Coronavirus.

"Kami berharap seluruh warga Depok dapat menjalankannya dengan penuh tanggung jawab," pungkasnya. (JD 09/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?