Wali Kota Depok bersama 630 Anggpta Satlinmas Kota Depok tahun 2020. (Foto: JD01/Diskominfo)

berita.depok.go.id-Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, sebanyak 630 anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kota Depok diharapkan bisa berperan lebih optimal membantu pemerintah untuk meningkatkan tata tertib di wilayah. Mereka juga diminta membantu masyarakat dalam meningkatkan keamanan dan kenyamanan.

“Satlinmas punya peranan penting untuk masyarakat. Semoga Depok dapat terus aman dan tertib dengan adanya Satlinmas,” tuturnya kepada  berita.depok.go.id  usai menghadiri acara Penetapan Anggota Satlinmas Kota Depok Tahun 2020 di Hotel Bumi Wiyata, Selasa (04/02/20).

Dikatakannya, Satlinmas juga berperan dalam membantu penanggulangan bencana dan sosial kemasyarakatan. Serta keamanan dan ketertiban saat proses penyelenggaraan pemilu sebagai bentuk pertahanan negara.

Di tempat yang sama, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok, Lienda Ratnanurdianny menjelaskan, seluruh anggota Satlinmas bertugas di 63 kelurahan se-Depok. Untuk per kelurahan akan disiagakan sebanyak 10 orang.

Menurutnya, mereka yang sudah menjadi anggota sudah memenuhi persyaratan dan secara sukarela ikut membantu perlindungan masyarakat. Sebelumnya, seluruh anggota telah melalui proses seleksi mulai Agustus 2019 yang dilakukan langsung oleh masing-masing lurah.

“Hasil perekrutan yang sudah dilakukan para lurah disampaikan langsung ke Satpol PP untuk mendapatkan penetapan dan surat keputusan dari Satpol PP,” terangnya.

Lienda menambahkan, masing-masing kelurahan memiliki minimal 10 Anggota Satlinmas. Seluruhnya akan diberdayakan oleh masing-masing kelurahan untuk perlindungan masyarakat.

"Demi terciptanya ketentraman dan ketertiban wilayah," pungkasnya. (JD02/ED 02/EUD 02)

YOUR REACTION?