Foto bersama usai Perpustakaan Kelurahan Pintar Baktijaya meraih Juara Harapan 3 Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2021. Pustakawan Diskarpus Kota Depok, Amirah Taqiyyah (kedua dari kanan) bersama Pustakawan Diskarpus Kota Depok, Rieska Ayu Maulida Witono (paling kiri) mendampingi Kepala Perpustakaan Kelurahan, Supadmi Agus (ketiga dari kiri), Senin (14/09/21). (Foto : Istimewa)

berita.depok.go.id - Perpustakaan Kelurahan Bakti Jaya meraih juara harapan tiga pada Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) Tahun 2021. Pencapaian tersebut tidak terlepas dari pembinaan yang dilakukan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok.

Kepala Diskarpus Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah mengatakan, lomba perpustakaan yang diadakan merupakan tantangan bagi para pegiat literasi. Selain untuk tetap aktif berliterasi, juga berupaya agar perpustakaan mereka memenuhi Standar Nasional Perpustakaan (SNP).

"Ini merupakan kesempatan untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan yang berkualitas dan lebih baik lagi," kata Siti kepada berita.depok go.id, Selasa (14/09/21).

Ia menjelaskan, pihaknya telah melakukan pembinaan dari awal Mei 2021. Yang dilakukan Diskarpus mulai dari pembinaan pengolahan koleksi buku, penataan perpustakaan, pembelajaran penggunaan aplikasi inLislite (sistem otomasi perpustakaan), penyuluhan kegiatan mendongeng, bimbingan membaca untuk warga dan lain-lain.

 "Untuk kegiatan mendongeng dan bimbingan membaca untuk warga merupakan kegiatan rutin, namun karena pandemi intensitasnya kami kurangi. Kami juga memberikan bantuan buku pinjam pakai sebanyak 100 eksemplar," terangnya.

Tidak lupa, Siti mengapresiasi upaya yang sudah dilakukan oleh Perpustakaan Kelurahan Pintar Baktijaya yang dibina dan didampingi para pustakawan dari Diskarpus. Dia juga menegaskan, tahun depan akan lebih baik lagi untuk persiapan Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan.

Sementara itu, Pustakawan Diskarpus Kota Depok, Amirah Taqiyah menambahkan, poin yang membuat unggul, berprestasi dan menjadi nilai tambahan adalah Perpustakaan Kelurahan Pintar Baktijaya sudah mengeluarkan buku yang ditulis oleh Forum Komunikasi Majelais Taklim yang ada di Kelurahan Baktijaya. Poin selanjutnya, sudah otomasi dan memakai inlisLite, sebab tidak semua perpustakaan kelurahan sudah memiliki ini.

"Semoga Perpustakaan Umum Kota Depok ke depannya dapat terus mengukir prestasi yang lebih baik lagi. Serta dapat memberikan layanan terbaik kepada pemustaka khususnya warga Depok," tandasnya. (JD 09/ED 02/EUD02)

YOUR REACTION?