Kepala Dinsos Kota Depok, Usman Haliyana. (Foto : Diskominfo)

berita.depok.go.id- Melalui Forum Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah (PD) tahun 2020, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok merancang berbagai program yang akan diperkuat di tahun 2021. Terutama, program-program yang berkaitan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Depok.

Kepala Dinsos Kota Depok, Usman Haliyana mengatakan, pihaknya telah merancang sebanyak sembilan program dengan 36 kegiatan. Sementara total anggaran yang dibutuhkan untuk melaksanakan beberapa program tersebut sekitar Rp 6,2 miliar.

“Kegiatan yang telah dirancang memang dioptimalkan untuk menuntaskan target RPJMD Kota Depok tahun 2016-2021. Kita terus berupaya agar target-target tersebut bisa dipenuhi sesuai dengan anggaran yang ada,” ujarnya, saat menghadiri kegiatan Forum Renja Dinsos Kota Depok di  Wisma Hijau, Rabu (26/02/20).

Usman menyebutkan, program yang dirancang masih fokus pada pengentasan masalah sosial dan perlindungan korban bencana alam.  Untuk pengentasan permasalahan sosial,  program yang dilakukan yaitu pembinaan dan pelatihan terhadap  Penyandangan Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), pembinaan lanjut usia, pembinaan kepada lembaga kesejahteraan sosial dan lainnya.

“Dinsos juga menjadi tempat untuk verifikasi dan validasi ( Verval) Basis Data Terpadu (BDT) atau Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Termasuk, mengawasi bantuan sosial dari pemerintah pusat agar tepat sasaran,” jelasnya.

Sementara terkait perlindungan korban bencana alam, lanjutnya,  terdapat beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan. Seperti, pemenuhan logistik serta  pemberian  sosialisasi kebencaan kepada warga di kelurahan. (JD03/ED 01/EUD 02)

YOUR REACTION?