Komandan Distrik Militer (Dandim)0508/Depok, Kolonel Inf Elvino Yudha Kurniawan (kanan) bersama Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono (tengah) meninjau penyaluran program Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW). (Foto : Istimewa)

berita.depok.go.id - Komandan Distrik Militer (Dandim)0508/Depok, Kolonel Inf Elvino Yudha Kurniawan menyebutkan, penyaluran program Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW) kepada 26 ribu warga Depok sudah 50 persen. Penyaluran ditargetkan akan selesai pada 28 April mendatang. 

"Upaya percepatan kami lakukan, penyaluran bukan hanya di Kodim Depok saja, karena cukup jauh buat warga yang tinggalnya di Cimanggis maupun Sawangan. Jadi kami menggelar penyaluran di Koramil 06/Cimanggis. Begitu juga di Sawangan, kami menggelar penyaluran di dekat wilayah warga agar memudahkan akses mereka," kata Kolonel Elvino kepada berita.depok.go.id usai penyaluran program BTPKLW di Makodim, Sabtu (16/04/22).

Dirinya ingin BTPKLW yang  diberikan senilai Rp 600 ribu dapat segera dipergunakan oleh warga. Saat ini kurang lebih 15.314 warga sudah menerima bantuan tunai tersebut. 

"Mulai dari 8 April kemarin kami menyalurkan bantuan ini, mulai pukul 80.00 hingga 16.00 WIB setiap hari kurang lebih 1.250 warga yang dijadwalkan menerima bantuan ini," jelasnya. 

Kolonel Elvino berpesan agar warga yang telah terdata dapat hadir sesuai waktu yang sudah ditentukan. Agar bantuan tersebut benar-benar dapat dipergunakan untuk menambah modal usaha pelaku usaha.

"Setiap hari kami mendata 1.250 orang, hanya saja di lapanngan kadang tidak tercapai karena banyak kendala. Tapi warga tidak perlu khawatir, bantuan masih bisa diambil selama penyaluran masih berlangsung," jelasnya.

Lanjut dia, salah satu inovasi pihaknya yaitu mendatangi wilayah yang jauh dari Kodim Depok. Hal tersebut agar warga bisa mengambil bantuan tunai tersebut.

"Saya berharap warga bisa hadir sesuai undangannya. Yang belum mengambil akan kami data dan panggil ulang," ujarnya.

"Tapi jika memang sudah lewat waktu yang ditentukan, kami masih harus berkoordinasi dan menunggu arahan. Sebab, kami hanya diamanahkan sebagai penyalur oleh pemerintah pusat," ungkapnya. 

Kolonel Elvino menambahkan, proses penyaluran BTPKLW sangat ketat. Pihaknya berharap kendala warga seperti jauh dan sebagainya bisa teratasi, karena Kodim Depok sudah membuka penyaluran yang dekat dengan mereka.

"Kami juga ingin agar bantuan tersebut segera diterima dan dirasakan manfaatnya oleh warga Depok," tutupnya. (JD03/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?