Kesibukan ibu-ibu RT 01 RW 01 Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya mendirikan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan pangan warga yang isoman, Senin (05/07/21). (Foto: Diskominfo).

berita.depok.go.id - Pengurus RT 01 RW 01 Kelurahan Abadijaya bersama warga setempat mendirikan dapur umum secara swadaya. Inisiatif ini dimaskudkan untuk memenuhi konsumsi warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman) akibat terpapar Covid-19.

Ketua RT 01 RW 01 Kelurahan Abadijaya, Dedi Sucahyono mengatakan, dapur umum sudah didirikan sejak Rabu (30/06) pekan lalu. Warga setempat yang sebagian besar ibu-ibu ini, berjibaku memasak makanan bergizi untuk pasien isoman.

"Prinsip mendirikan dapur umum ini yaitu dari warga, oleh warga, dan untuk warga. Alhamdulillah, setiap hari warga mengumpulkan uang bantuan membeli kebutuhan bahan baku, katanya kepada berita.depok.go.id, Senin (05/07/21).

Dijelaskannya, sampai saat ini tercatat empat Kepala Keluarga (KK) sedang menjalani isoman. Kebutuhan konsumsi untuk makan siang dan malam mereka akan dipenuhi oleh warga.

"Dapur umum akan berdiri terus sampai semua pasien isoman sembuh, bahkan sampai tidak ada kasus Covid-19 di RT kami," jelasnya.

Dedi menuturkan, guna memutus rantai penyebaran kasus baru, pihaknya terus menggencarkan sosialisasi protokol kesehatan 6M. Yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama.

"Selain ini kami juga rutin lakukan penyemprotan disinfektan agar lingkungan tetap steril," pungkasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?