Bunda Elly Farida saat memberikan materi pada webinar cegah stunting dan obesitas. (Foto: JD04/Diskominfo)

berita.depok.go.id - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Depok Elly Farida mengatakan, Posyandu memiliki peran penting dalam deteksi tumbuh kembang anak. Melalui sejumlah program yang dijalankan, Posyandu dapat meningkatkan edukasi dalam pencegahan tubuh pendek atau stunting pada anak. 

“Posyandu menjadi wahana pertama dan utama untuk mengetahui perkembangan anak, yang dimulai dari 1.000 hari pertama kehidupan (HPK),” tuturnya saat memberikan materi pada webinar cegah stunting dan obesitas, Selasa (25/01/22). 

Bunda Elly, sapaan akrabnya melanjutkan, peran Posyandu dalam pencegahan stunting tersebut dibantu oleh kader penggerak dan Puskesmas. Lewat kader, dilakukan penyuluhan kepada masyarakat untuk peningkatan pengetahuan dan kesadaran keluarga akan pentingnya kesehatan ibu dan anak (KIA).

Selain itu, ujar dia, juga mendukung gerakan masyarakat hidup sehat yang harus dilakukan seluruh masyarakat. 

Selanjutnya, sambung Bunda Elly, jika ada masyarakat yang mengalami gizi kurang dan berdampak kepada anaknya, akan dilakukan pendampingan. Pendampingan tersebut dibantu oleh tenaga kesehatan Puskesmas agar upaya yang dilakukan dapat maksimal. 

“Status gizi pada anak akan dipantau secara langsung agar kesehatannya dapat terus meningkat dan normal,” tambahnya. 

"Karena itu diharapkan melalui Posyandu dapat menumbuhkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat dalam pencegahan stunting pada anak. Tentunya dengan komitmen bersama baik dari kader, tenaga kesehatan, hingga masyarakat itu sendiri," tutupnya. (JD02/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?