Anggota Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok T. Farida Rachmayanti kegiatan Forum Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah Dinkes Kota Depok tahun 2021. (Foto: JD 04/Diskominfo)

berita.depok.go.id-Anggota Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok T. Farida Rachmayanti mengatakan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok harus terus menjalin sinergisitas dengan lintas sektor. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya dalam meningkatkan status kesehatan masyarakat di Kota Depok.

“Sinergisitas dan dukungan dari lintas sektor bidang kesehatan harus terus terjalin agar sasaran peningkatan status kesehatan di masyarakat dapat tepat dan lebih menyeluruh,” tuturnya kepada berita.depok.go.id usai menghadiri kegiatan Forum Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah Dinkes Kota Depok tahun 2021 di The Margo Hotel, Jumat (21/02/20).

Dikatakan Farida, sinergisitas lintas sektor dapat dilakukan melalui perangkat daerah terkait, pihak rumah sakit, klinik, maupun organisasi bidang kesehatan. Selain juga bersinergi dengan pemangku kepentingan di wilayah seperti camat, lurah, dan Kader PKK yang turun langsung ke masyarakat untuk melakukan pendataan.

Dia menambahkan, sebagai contoh untuk permasalahan stunting atau tubuh pendek, Dinkes tidak hanya melakukan sosialisasi. Kerjasama itu dapat dijalin dengan Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok dengan mengadakan sekolah pra nikah kepada calon-calon pengantin.

“Masalah stunting tidak melulu mengenai uang, Dinkes bisa kolaborasi dengan DPAPMK melalui sekolah pra nikah untuk memberikan langkah promotif dan preventif. Agar ke depannya pasangan pengantin baru dapat menjaga pola makan maupun kehidupannya untuk menghasilkan generasi yang unggul,” tandasnya. (JD02/ED02/EUD 02)

YOUR REACTION?