Petugas Promkes Puskesmas Mampang tengah memberikan penyuluhan kesehatan tentang Penyakit Lupus kepada pengunjung Puskesmas, kemarin (11/05/22). (Foto: istimewa)

berita.depok.go.id - Petugas Promosi Kesehatan (Promkes) Unit Pelaksanaan Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Mampang memberikan penyuluhan kepada pengunjung di dalam gedung tentang penyakit Lupus. Kegiatan ini sebagai bagian dari peringatan Hari Lupus Sedunia yang jatuh setiap 10 Mei.

Kepala UPTD Puskesmas Mampang, Winarni Naweng Triwulandari menjelaskan, Lupus adalah penyakit peradangan kronis yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang menyerang sel, jaringan dan organ tubuh sendiri. Lupus dapat mempengaruhi sendi, kulit, ginjal, sel darah, otak, jantung, dan paru-paru.

"Kami rutin melakukan penyuluhan di dalam gedung, jika ada peringatan hari kesehatan nasional maupun internasional," jelasnya kepada berita.depok.go.id, Kamis (12/05/22).

Naweng menuturkan, gejala penyakit Lupus cukup bervariasi berupa kelelahan, nyeri sendi, ruam, dan demam. Gejala ini secara berkala dapat memburuk (kambuh) lalu berkembang.

Sampai saat ini, lanjut Naweng, belum ditemukan obat untuk penyakit Lupus. Oleh sebab itu, penanganan lebih fokus pada peningkatan kualitas hidup, dengan mengendalikan gejala dan meminimalkan kekambuhan.

"Mulai dari mengubah gaya hidup termasuk pola makan dan perlindungan terhadap matahari, serta manajemen penyakit lebih lanjut berupa obat-obatan, seperti anti inflamasi dan steroid," pungkasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?