Wali Kota Depok, Mohammad Idris.

berita.depok.go.id-Wali Kota Depok, Mohammad Idris menutup Tausiah Ramadan 1442 Hijriah dengan menjelaskan makna Hari Raya Idulfitri. Menurutnya, Idulfitri berarti kembali kepada fitrah atau kembali kepada asal kejadian manusia yang suci dan bersih.

Ia mengatakan, setelah puasa satu bulan penuh dengan rangkaian ibadah-ibadah yang lain, karena iman, mengharap pahala dan ridha Allah secara terus menerus. Di akhir Ramadan ini, dengan raihan pengampunan, kasih sayang dan pembebasan dari api neraka umat Islam memasuki Idulfitri dengan kembali suci tanpa dosa.

"Kesucian jiwa saat Idulfitri juga diwarnai dengan penunaian zakat fitrah. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, zakat fitrah merupakan pensucian bagi orang yang berpuasa dan juga bisa memberikan makan kepada orang-orang yang membutuhkan," tuturnya melalui kanal youtube pribadi Mohammad Idris, Rabu (12/05/21).

Lebih lanjut, ucapnya, Idulfitri sebagai hari raya umat Islam dapat diisi dengan kegiatan-kegiatan yang bisa membuat orang lain tersenyum dan ceria. Sebab, ujarnya, ucapan terbaik saat Idulfitri dengan meminta maaf lahir dan batin.

"Semoga Allah menerima seluruh rangkaian ibadah kita di bulan Ramadan dan sepanjang tahun yang akan datang kita berada di dalam kebaikan dan dalam perlindungan dan bimbingan Allah SWT untuk selalu melakukan kebaikan. Untuk itu, kita dianjurkan untuk berkunjung,"  harapnya.

Terakhir, sambung Mohammad Idris, tentunya pada saat pandemi Covid-19 ini, semua diharuskan tetap menjaga protokol kesehatan. Jangan sampai ada kerumunan dan menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan dari penularan Covid-19.

"Selamat Hari Raya Idulfitri mudah-mudahan kita bisa merebut fitrah diri kita, kembali suci dan bersih seperti bayi yang baru dilahirkan lagi," pungkasnya. (JD 09/ED 02/EUD02)

YOUR REACTION?