Bimbingan Teknis Pengawas Tempat Pemungutan Suara di aula Kelurahan Cilangkap.

berita.depok.go.id-Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Tapos mulai mengadakan bimbingan teknis (bimtek) bagi Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS). Bimtek dilakukan untuk memberikan pengetahuan serta keterampilan bagi para PTPS se-Kecamatan Tapos.

“Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 dilaksanakan pada masa pandemi, jadi ada sejumlah penyesuaian teknis dan pelaksaan. Terlebih, tahun ini sekitar 60 persen PTPS merupakan orang yang belum pernah menjadi pengawas di TPS,” tutur Ketua Panwascam Tapos, Gatot Sumitro kepada berita.depok.go.id, Rabu (18/11/20).

Dia menjelaskan, bimtek dilaksanakan per kelurahan agar tidak terjadi kerumunan dan dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat. Dalam bimtek tersebut disampaikan tahapan pemungutan suara, teknis kerja PTPS dan hal-hal yang perlu diketahui pengawas saat bertugas di lapangan. 

“PTPS harus mendapatkan bekal yang cukup agar saat bertugas tidak ada keraguan dalam melakukan pengawasan," tegasnya.

Dirinya berharap, setelah dilakukan bimtek, PTPS dapat memahami dan menjalankan tugasnya pada saat pemungutan suara pada 9 Desember mendatang. Terutama, pengawasan dalam penerapan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

“Semoga penyelenggaraan Pilkada tahun ini berjalan lancar dan tidak tercipta klaster baru,” tutupnya. (JD 09/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?