Kondisi Kali Gendong di Kecamatan Cimanggis yang telah dinormalisasi  Satgas DPUPR Kota Depok. (Foto : Istimewa)

berita.depok.go.id-Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok telah melakukan normalisasi Kali Gendong yang berada di Kecamatan Cimanggis sejak Jumat (18/09) lalu. Hingga saat ini, progres pengerjaan sudah mencapai 90 persen.

"Penanganan sudah dilakukan selama enam hari dan Alhamdulillah sudah hampir rampung atau 90 persen," ujar Kepala DPUPR Kota Depok Dadan Rustandi, Rabu (23/09/20).

Dikatakannya, pihaknya juga telah menurunkan alat berat berupa mini spider sejak Senin (21/09) hingga hari ini, untuk mengangkat sedimen atau endapan lumpur. Rencananya, besok Satgas hanya merapikan atau melakukan pengangkatan sisa sampah.

"Mudah-mudahan, setelah normalisasi ini, tidak adalagi masyarakat yang membuang sampah ke kali. Karena sampah yang terbawa arus air, bisa mengendap dan menghambat laju air," ungkapnya.

Dia menambahkan, normalisasi dilakukan setelah adanya laporan dari masyarakat terkait tumpukan sampah yang menutupi aliran kali tersebut. Laporan masuk melalui call center, kemudian ditindaklanjuti oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok ke DPUPR. 

"Untuk melakukan normalisasi, sedikitnya satu regu yang terdiri dari 10 orang Satgas dikerahkan guna mengangkat tumpukan sampah dan sedimen pasir yang mengendap di kali tersebut," tandasnya. (JD 08/ED 01/EUD02) 

YOUR REACTION?