Kepala Dinkes Depok, Novarita memimpin jalannya rapat koordinasi bersama lintas PD di DeCor Balai Kota. (Diskominfo)

berita.depok.go.id-Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) hari ini menggelar rapat koordinasi (rakor) lintas Perangkat Daerah (PD). Kegiatan tersebut digelar guna mempersiapkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) sebagai program di setiap PD.  

Kepala Dinkes Depok, Novarita mengatakan, keputusan tersebut merupakan arahan dari pemerintah pusat. Dikatakannya, program Germas harus memiliki payung hukum atau aturan di tingkat daerah.

"Selama ini Germas dinilai hanya milik program Dinkes. Namun ke depan, program kesehatan ini akan menjadi kegiatan di setiap PD, dan kita diminta untuk menyiapkan regulasinya terlebih dahulu," katanya, di ruang kerjanya, Rabu (05/08/20). 

Novarita mengatakan, untuk implementasi program ini, Kota Depok dipilih sebagai proyek percontohan. Dikarenakan, wilayahnya berbatasan dengan kota-kota besar, sehingga kompleksitas permasalahan kesehatan pun dinilai cukup heterogen.

Dirinya mencontohkan, apabila Germas sudah menjadi kegiatan di setiap PD, maka harus memiliki program peningkatan kesehatan, baik secara pemenuhan gizi maupun aktivitas fisik. Misalkan, peregangan sebelum memulai bekerja atau menyediakan makanan ringan berupa buah-buahan di setiap rapat.

"Dengan adanya perubahan seperti ini, diharapkan Germas menjadi sebuah kebudayaan yang positif yang diterapkan oleh pegawai pemerintah maupun masyarakat," pungkasnya. (JD 07/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?