Sekretaris Dinkes Kota Depok, Rani Martina memberikan secara simbolis kacamata di lokasi P2WKSS. (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) membagikan sebanyak 2.050 kacamata gratis ke masyarakat golongan kurang mampu. Pembagian kacamata ini sejalan dengan peringatan Hari Penglihatan Sedunia (World Sight Day) 2021 yang jatuh pada 14 Oktober.

“Kami berikan kacamata secara gratis untuk masyarakat dengan penglihatan dekat atau positif,” tutur Sekretaris Dinkes Kota Depok, Rani Martina kepada berita.depok.go.id, kemarin, Kamis (14/10/21).

Rani mengungkapkan, pemberian kacamata diserahkan langsung melalui 38 puskesmas di Kota Depok. Puskesmas bekerja sama dengan kader untuk pendataan masyarakat yang membutuhkan.

Dikatakan Rani, pembangian kacamatan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di setiap wilayah. Tentunya sesuai hasil pendataan yang dilakukan.

“Kader menyampaikan ke puskesmas, kemudian dilakukan pemeriksaan. Jika sudah ada hasilnya maka diberikan kacamata gratis,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Depok, Umi Zakiati mengatakan, peringatan Hari Penglihatan Sedunia tingkat Kota Depok ditandai dengan penyerahan secara simbolis kacamata ke lokasi khusus (lokus) Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) Kelurahan/Kecamatan Bojongsari. Selanjutnya, pembagian kacamata dilakukan oleh 38 puskesmas di Kota Depok.

“Pencanangan awal dilakukan di lokus P2WKSS. Lalu puskesmas lainnya akan menentukan lokasi pemberian kacamatan di setiap wilayahnya,” pungkas Umi. (JD02/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?