berita.depok.go.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melakukan pelayanan swab PCR keliling secara gratis di seluruh Puskesmas se-Kota Depok. Langkah tersebut dilakukan untuk membantu Puskesmas dalam melakukan testing bagi orang dengan status kontak erat Covid-19.

“Kami berikan pelayanan swab PCR keliling karena banyaknya kasus kontak erat Covid-19 di wilayah dan untuk memudahkan Puskesmas dalam mentesting dan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) dalam memeriksa hasil pemeriksaan,” tutur Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Mary Liziawati kepada berita.depok.go.id, Senin (21/02/22).

Lebih lanjut, ucap Mary,dalam pelayanan swab PCR keliling tersebut, pihaknya bekerja sama dengan laboratorium Helix dan kimia farma. Dalam satu hari, ujar dia, masing-masing laboratatorium siap membantu 300 spesimen.

Menurut Mary, pasien kontak erat yang diperiksa pada pelayanan swab keliling ini merupakan rekomendasi dari Puskesmas. Tentunya berdasarkan laporan yang diberikan oleh setiap Puskesmas di wilayah.

"Jadi pasien yang kami periksa pada pelayanan ini berdasarkan data dari Puskesmas, untuk mempercepat pemeriksaan kontak erat Covid-19,” tambahnya.

"Untuk hasil tes PCR akan diinformasikan kepada masing-masing peserta melalui whatsapp 1x24 jam," tandasnya. (JD02/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?