Seorang penerima manfaat menggunakan sarana CTPS yang diberikan Pemerintah Amerika Serikat melalui USAID Indonesia dan USAID IUWASH Plus kepada Pemerintah Kota Depok, belum lama ini. (Foto : Istimewa)

berita.depok.go.id- United States Agency for International Development (USAID) Indonesia dan USAID IUWASH Plus memberikan bantuan atau hibah kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Bantuan berupa sarana atau fasilitas Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) sebanyak 25 unit.

“Alhamdulillah, atas bantuan yang diserahkan ini. Fasilitas CTPS merupakan sarana penting yang harus dimiliki atau tersebar di Fasilitas Umum (Fasum), terlebih saat pandemi ini,” ujar Wali Kota Depok Mohammad Idris, Kamis (24/09/20).

Dikatakannya, berbagai upaya telah dilakukan Pemkot Depok untuk membiasakan masyarakat mencuci tangan. Di antaranya dengan sosialisasi dan edukasi, serta ajakan langsung.

“Bantuan dari lembaga terkait juga sangat kami harapkan untuk membiasakan masyarakat mencuci tangan. Sarana CTPS ini umumnya disebar ke tempat umum seperti pasar, taman, di tepi jalan strategis, masjid, musala dan lain sebagainya,” terangnya.

Senada dengan itu, Chief of Party USAID IUWASH Plus William Parente mengatakan, fasilitas CTPS ini merupakan bagian dari total 250 fasilitas yang dipasang di sembilan kota berpenduduk padat. Yaitu Jakarta, Medan, Surabaya, Deli Serdang, Depok, Bogor, Sidoarjo, Gresik dan Kota Malang.

“Kami bekerjasama untuk meningkatkan akses air minum dan sanitasi yang aman. Serta meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Mudah-mudahan sarana ini bisa dirawat dengan baik,” tutupnya. (JD 08/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?