Peresmian D'Vajar sekaligus penyerahan bantuan paket sembako oleh Pemkot Depok dan RS UI. ( Foto : Istimewa)

berita.depok.go.id-Pemerintah Kota (Pemkot) Depok meresmikan program Depok Vaksinasi Jemput Warga (D’Vajar) di RS Universitas Indonesia (RSUI) pada Jumat (28/08/21). Program dimulai sejak Agustus hingga November mendatan ini menargetkan sebanyak 6.300 warga Depok untuk diberikan vaksin Covid-19.

“Program D’Vajar ini melibatkan 63 kelurahan dan 11 kecamatan di Kota Depok, sehingga diharapkan seluruh warga Depok bisa mendapatkan vaksin Covid-19. Saya mewakili bapak Wali Kota Depok berterima kasih kepada RSUI, Yayasan Wings Peduli, dan PT Blue Bird yang telah berkolaborasi sehingga kegiatan ini berjalan dengan lancar," kata Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Sekretariat Daerah Kota Depok, Sri Utomo, kepada berita.depok.go.id. 

Dikatakannya, program D’Vajar berlaku untuk Warga Negara Indonesia (WNI) dengan usia minimal 18 tahun, diprioritaskan untuk warga yang tidak dapat mengakses aplikasi. Warga yang telah terdaftar di kelurahan setempat akan dijemput dengan armada bus yang telah disiapkan oleh PT Blue Bird Tbk untuk diantar ke RSUI lokasi vaksinasi Covid-19.

"Program D’Vajar merupakan salah satu program Pemkot Depok yang bertujuan untuk menarik minat masyarakat untuk ke lokasi vaksinasi. Lalu, memberikan kemudahan bagi warga yang kesulitan mendaftar melalui aplikasi. Serta memfasilitasi warga yang tidak memiliki kendaaraan," ungkapnya. 

Sementara itu, Direktur Utama RSUI, Astuti Giantini, sangat mengapresiasi adanya program D’Vajar. Dirinya juga menyambut baik paket bantuan dari Yayasan Wings Peduli yang diberikan untuk peserta D’Vajar di RSUI. 

Lanjut dia, sebagai  penyedia fasilitas kesehatan yang melakukan vaksinasi, RSUI sudah menyiapkan vaksinator dan tenaga kesehatan lainnya untuk mendukung program tersebut. Khusus untuk program D’Vajar, pihaknya menyiapkan pelaksanaan vaksinasi di Gedung Parkir Lantai 1 RSUI, terdapat sebuah kontainer khusus yaitu Vaccination Center persembahan dari Yayasan Wings Peduli.

"Jadi tidak tercampur dengan peserta vaksin umum lainnya, sehingga membuat mereka lebih nyaman," imbuhnya.

Untuk diketahui, sejak 18-26 Agustus 2021, RSUI telah melakukan vaksinasi bagi peserta D’Vajar sebanyak lebih dari 500 peserta. Peserta berasal dari Kelurahan Sukmajaya, Pancoran Mas, Depok Jaya, Sawangan, Bojong Sari, Cibinong, Bojong Sari, dan Pasir Gunung Selatan.

Kemudian sejak Januari hingga Agustus 2021, RSUI telah melakukan vaksinasi Covid-19 lebih dari 80.000 dosis vaksin. Targetnya warga lanjut usia, tenaga pendidik, pelayanan publik, dan masyarakat umum. 

"Sentra Vaksinasi RSUI dapat melayani hingga 1.000 peserta vaksin per hari, baik melalui drive thru maupun di dalam poli vaksin RSUI (walk in). Beroperasi setiap hari kerja, Senin-Jumat kecuali hari libur dari pukul 08.00 hingga 14.00 WIB. Pendaftaran peserta vaksin dapat dilakukan secara online melalui website Toyota Indonesia. Atau kunjungi https://www.toyota.astra.co.id/sentravaksinasi," tutupnya. (JD03/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?