berita.depok.go.id-Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) tahun ini berusaha membidik Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 Tingkat Mentor. Pasalnya di tahun sebelumnya Kota Depok berada di level Utama.

Kepala DPAPMK Kota Depok, Nessi Anisa Handari mengatakan, APE merupakan anugerah yang diberikan Kementrian Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA). Yaitu atas komitmen dan peran pemimpin Pemerintah Daerah (Pemda), dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui Pengarusutamaan Gender  (PUG) 

"Pemerintah pusat akan melihat strategi Pemda dalam mengintegrasikan permasalahan, pengalaman, dan kebutuhan baik perempuan dan laki-laki dalam perencanaan," katanya, kepada berita.depok.go.id, Kamis (17/09/20).

Termasuk, lanjut Nessi, melihat pelaksanaan pemantauan dan evaluasi terhadap seluruh kebijakan dan program pembangunan. Baik aspek ekonomi, kesehatan, pendidikan, sosial, politik dan aspek lainnya.

Dengan kata lain APE berarti suatu penghargaan terhadap prakarsa dan prestasi yang dicapai dan menunjukkan kondisi dan kesejahteraan orang lain. Dalam kaitannya dengan pencapaian kesejehtaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di daerah.

"Untuk dapat mempertahankan anugerah APE tingkat Utama ataupun meningkat ke tingkat Mentor, diperlukan kerjasama yang solid antara Perangkat Daerah (PD) serta perwakilan lembaga masyarakat yang ada," pungkasnya.  (JD 07/ED 10/EUD02)

YOUR REACTION?