Bagian Ekonomi Setda kota Depok Kota Depok saat mengadakan Forum Ekonomi melalui aplikasi Zoom, Rabu (18/11/2020). (Foto: JD 04/Diskominfo)

berita.depok.go.id - Pemerintah Kota Depok hari ini menggelar kegiatan Forum Ekonomi secara virtual dengan melibatkan pihak terkait (stakeholder). Forum diskusi ini mengangkat tema terkait pengembangan subsektor aplikasi dan gim sebagai penggerak ekonomi kreatif di Kota Depok.

Kepala Bagian Ekonomi Setda Kota Depok, Wahid Suryono mengatakan, kegiatan ini rutin digelar setiap tahun. Tujuannya untuk membahas isu-isu ekonomi dan memecahkan permasalahan yang ada dari unsur akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah, dan media atau disebut ABCGM Pentahelix.

"Pada forum ekonomi tahun ini, kami ingin mengaktivasikan kembali para pihak dari unsur ABCGM Pentahelix untuk diskusi persoalan ekonomi di Depok, yaitu pengembangan ekonomi kreatif dari subsektor aplikasi dan gim," katanya kepada berita.depok.go.id, Rabu (18/11/20).

Dijelaskannya, Kota Depok merupakan salah satu dari empat daerah  yang terpilih menjadi subsektor aplikasi dan gim oleh Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) pada 2018 lalu. Bersama dengan Kota Balikpapan, Kota Malang dan Kota Yogyakarta

"Subsektor aplikasi dan gim masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021 pada bagian sektor ekonomi kreatif. Karena kami menilai dari awal subsektor ini sangat potensial di Kota Depok," jelasnya.

Di masa pandemi Covid-19, lanjut Wahid, aplikasi sangat bermanfaat untuk masyarakat, terutama sebagai media memasarkan produk. Dengan dikembangkannya aplikasi yang ada, diharapkan dapat membangkitkan subsektor ekonomi kreatif lainnya.

"Dengan begitu tingkat perekonomian di Kota Depok pun akan meningkat. Untuk itu perlu dukungan dari berbagai unsur terkait," tandasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?