Sosialisasi Protokol Kesehatandalam rangka kegiatan Pemberian Kampus Vitamin A yang Terintegrasi dengan BulanPenimbangan Balita dan Pemberian Obat Pencegahan Masal (POPM) Cacingan secara virtual. (Foto: JD04)

berita.depok.go.id-Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) kembali membagikan vitamin A secara gratis bagi masyarakat. Untuk pelaksanaan bulan vitamin A di bulan Agustus ini, akan terintegrasi dengan Pemantauan Pertumbuhan dan Perkembangan Balita Disertai Pemberian Obat Cacing di 10 kelurahan yang menjadi lokasi khusus (lokus) stunting.

“Upaya pemberian vitamin A dan obat cacing di 10 kelurahan lokus stunting merupakan upaya dalam memaksimalkan pemantauan pertumbuhan balita,” jelas Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita saat Sosialisasi Protokol Kesehatan dalam rangka kegiatan Pemberian Kapsul Vitamin A yang Terintegrasi dengan Bulan Penimbangan Balita dan Pemberian Obat Pencegahan Masal (POPM) Cacingan secara virtual, Kamis (06/08/20).

Dikatakannya, dalam pemberian vitamin A, para kader dan petugas gizi di Puskesmas diingatkan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Baik saat pelaksanaan Posyandu maupun pemberian secara door to door ke rumah warga.

Ia menekankan agar pemberian vitamin A dan obat cacingan dapat optimal kepada balita. Tentunya dengan memastikan agar seluruhnya dikonsumsi balita, terutama di lokus stunting.

“Vitamin A dan obat cacingan ini sangat penting untuk perbaikan gizi dan meningkatkan kekebalan tubuh anak,” tambah Novarita.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Depok, May Haryanti menambahkan, untuk lokus stunting berada di  10 Kelurahan. Di antaranya Bojongsari, Serua, Pangkalan Jati Baru, Pasir Putih, dan Rangkapan Jaya. Selain itu juga di Kelurahan Bedahan, Depok, Duren Seribu, Cisalak, dan Mekarjaya.

“Ini menjadi salah satu upaya perbaikan gizi balita di Kota Depok,” tandasnya. (JD02/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?